Dalam pelaksanaannya, PTK diawali dengan kesadaran akan
adanya permasalahan yang dirasakan mengganggu, yang dianggap menghalangi
pencapaian tujuan pendidikan sehingga ditengarai telah berdampak kurang baik
terhadap proses dan atau hasil belajar pserta didik, dan atau implementasi
sesuatu program sekolah. Bertolak dari kesadaran mengenai adanya permasalahan
tersebut, yang besar kemungkian masih tergambarkan secara kabur, guru kemudian
menetapkan fokus permasalahan secara lebih tajam kalau perlu dengan
mengumpulkan tambahan data lapangan secara lebih sistematis dan atau melakukan
kajian pustaka yang relevan.
Tujuan PTK sebagai berikut.
1. Memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik
pembelajaran yang dilaksanakan guru demi tercapainya tujuan pembelajaran.
2. Memperbaiki dan meningkatkan kinerja-kinerja
pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.
3. Mengidentifikasi, menemukan solusi, dan
mengatasi masalah pembelajaran di kelas agar pembelajaran bermutu.
4. Meningkatkan dan memperkuat kemampuan guru
dalam memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan membuat keputusan yang tepat
bagi siswa dan kelas yang diajarnya.
5. Mengeksplorasi dan membuahkan kreasi-kreasi
dan inovasi-inovasi pembelajaran (misalnya, pendekatan, metode, strategi, dan
media) yang dapat dilakukan oleh guru demi peningkatan mutu proses dan hasil
pembelajaran.
6. Mencobakan gagasan, pikiran, kiat, cara, dan
strategi baru dalam pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran selain
kemampuan inovatif guru.
7. Mengeksplorasi pembelajaran yang selalu
berwawasan atau berbasis penelitian agar pembelajaran dapat bertumpu pada
realitas empiris kelas, bukan semata-mata bertumpu pada kesan umum atau asumsi.
8. Memecahkan masalah-masalah melalui penerapan
langsung di kelas atau tempat kerja (Isaac, 1994:27).
9. Menemukan pemecahan masalah yang dihadapi
sesorang dalam tugasnya sehari-hari dimana pun tempatnya, di kelas, di kantor, di
rumah sakit, dan seterusnya.
Referensi:
Isaac, Stephen and William B.
Michael. Handbook in Reasearch and Evaluation: For Education and the Behavioral
Sciences. Third edition. San Diego, CA: EdiTS, 1994.
http://www.m-edukasi.web.id/2012/05/tujuan-ptk-penelitian-tindakan-kelas.html
diakses 10 Januari 2014.
888 Casino Lake Tahoe, NV Reviews, Ratings & Photos
BalasHapus88 Casino Lake Tahoe reviews, with pictures 동두천 출장샵 and an opening and closing timings. Casino Lake Tahoe is rated 화성 출장안마 4.2 out 부천 출장안마 of 5 by 전라남도 출장마사지 635 visitors. Rating: 4.2 · 3,755 reviews · Price 경기도 출장안마 range: $$